9 Alasan Nggak Makan Mie Instan

Image

Mie instan? Siapa yang nggak tahu mie instan? Salah satu produk paling laku di negara ini ya mie instan. Emang sih rasanya enak. Tapi udah banyak juga kan yang bilang kalau mie instan itu nggak sehat?

Walaupun dibilang ada mie instan yang memakai bahan alami lah, mie kesehatan lah, tetap aja menu anak kos yang satu ini nggak boleh dikonsumsi terlalu sering. Kenapa sih alasannya? Nih dia nih 9 alasan untuk nggak makan mie instan!

Menghambat Penyerapan Nutrisi

Mie instan itu bisa menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Udah tahu dong apa akibatnya kalau pasokan nutrisi makanan terhambat atau malah terbatas? Tumbuh kembang manusia jadi nggak optimal dan nggak maksimal.

Bikin Kanker

Ada kan mie instan yang kemasannya dari styrofoam? Nah, styrofoam ini adalah penyebab kanker lho. Kalau mie ini direndam dengan air panas, maka zat-zat di styrofoam akan bereaksi juga karena panasnya itu. Kebayang nggak sih kalau zat-zat kimia yang ada di styrofoam ikut larut di dalam makanan itu dan masuk ke tubuh? Jangan deh, ngeri!

Bikin Metabolisme Tubuh Jadi Kacau

Kalau sering banget konsumsi mie instan, terus menerus dan dalam jangka waktu panjang, akibatnya ada pada metabolisme tubuh. Bisa jadi kacau tuh metabolisme tubuh! Ujung-ujungnya, akumulasi zat kimia berbahaya kayak bahan pengawet dan pewarna bakal jadi racun berbahaya di dalam tubuh.

Bahaya Propylene Glycol

Propylene glycol adalah sejenis bahan anti beku yang sialnya terkandung di mie instan untuk mencegah mie instan itu jadi kering. Kalau zat itu terserap ke dalam tubuh, bakal bertumpuk di area sekitar hati, ginjal, dan liver. Kalau udah gitu, tinggal tunggu waktu aja zat ini merusak tiga area penting itu. Selanjutnya, imun tubuh bakal drop, dan bikin tubuh jadi nggak sehat lagi.

Bahaya Pencernaan

Dimakan sekali sehari aja bahaya, apalagi kalau makan mie instan lebih dari sekali dalam sehari! Potensinya bisa membahayakan pencernaan. Biasanya yang muncul pertama-tama tuh rasa begah, terus susah buang air besar, dan rasa nggak nyaman di area sekitar perut.

Kegemukan

Buat yang lagi diet, mie instan tuh musuh besar banget! Jumlah lemak dan sodium tinggi di dalam mie instan nggak bisa diserap tubuh. Akhirnya cuma numpuk aja jadi lemak.

MSG

MSG ini artinya bukan message lho. Ini adalah monosodium glutamate, yang harus kita khawatirkan karena terkandung di tiap mie instan yang ada di pasaran. Biasanya kandungannya juga cukup tinggi. Buat yang nggak tahan atau alergi sama kandungan ini, bakal berasa selalu haus, dada kayak terbakar, sakit kepala, wajah memerah, sampai sesak napas.

Kandungan Sodium

Mie instan juga mengandung sodium yang tinggi. Ini adalah penyebab darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan kerusakan di ginjal. Kalau keseringan mengonsumsi sodium tinggi, potensi terserang penyakit-penyakit itu makin tinggi!

Junk Food

Siapa bilang kalau mie instan bukan junk food? Ini junk food juga lagi! Lihat aja, kandungan karbohidratnya tuh tinggi banget! Kandungan lemak jenuhnya juga nggak kalah tingginya lho. Jadi, kalori di dalamnya juga memberikan pengaruh buruk buat kesehatan. Sialnya lagi, di mie instan itu sama sekali nggak ada tambahan vitamin, mineral, atau serat. Jadi apa sehatnya? Nggak ada!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s